Kinerja Penurunan Kasus Stunting di Kabgor Jadi Fokus Penilaian Tim Panelis Pemprov Gorontalo

 Daerah

 

Tim Panelis Kinerja Stunting Provinsi Gorontalo melakukan penilaian terhadap kinerja penurunan kasus sunting di tiga desa dan satu kelurahan di Kabupaten Gorontalo (Kabgor).

 LIMBOTO(Tilongkabilanews.id) – Kinerja penurunan kasus sunting di tiga desa dan satu kelurahan di Kabupaten Gorontalo (Kabgor) jadi fokus penilaian yang dilakukan Tim Panelis Kinerja Stunting Provinsi Gorontalo. Penilian kinerja penurunan kasus stunting tersebut dilakukan tim panelis, pada Rabu (22/6/2022).

Adapun tiga desa di Kabupaten Gorontalo yang dinilai kinerja penurunan kasus stunting, yaitu masing-masing Desa Daenaa Kecamatan Limboto Barat, Desa Bulota Kecamatan Telaga Jaya, Desa Mongolato Kecamatan Telaga. Sementara satu kelurahan yang dinilai pada kesempatan tersebut, yaitu Kelurahan Tilihuwa Kecamatan Limboto.

Berdasarkan hasil pantauan, penilaian oleh Tim Panelis itu dalam rangka mengukur kinerja pemerintah Kabupaten Gorontalo terhadap aksi konvergensi penurunan kasus stunting tahun 2021.

Tim Panelis Penilaian Kinerja Stunting Provinsi Gorontalo mengujungi Kelurahan dan Desa, Menjadi Lokus Stunting di Kabupaten Gorontalo

Ada delapan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting secara terintegrasi, meliputi, analisis situasi, rencana kegiatan, rembuk stunting, Perbup kewenangan desa, pembinaan kader pembangunan masyarakat, manajemen data, pengukuran dan publikasi stunting, serta review kinerja tahunan.

Tim Penilai Kinerja Stunting Provinsi Gorontalo juga melakukan peninjauan terkait dengan pengimplementasian delapan pilar oleh unsur terkait di lokasi yang sudah ditetapkan menjadi lokus stunting.

Adapun delapan pilar tersebut terdiri dari lima pilar STBM dan tiga pilar pencegahan stunting.

Untuk lima pilar STBM, antar lain tidak membuang air besar sembarangan (Stop BABS), cuci tangan pakai sabun (CTPS), mengelola air minum dan makanan dengan aman, mengelola sampah dengan aman dan mengelola limba cair rumah tangga dengan aman.

Sedangkan tiga pilar pencegahan stunting, terdiri dari gizi ibu hamil, pemberian makanan tambahan bayi dan anak (PMBA) dan pemantauan pertumbuhan.

Hadir dalam penilaian tersebut, unsur tim panelis Penilai Kinerja Stunting Provinsi Gorontalo terdiri dari unsur Badan Perencanaan, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Sosial BKKBN, TP-PKK.

Kegiatan penilaian kinerja penurunan stunting tersebut turut dihadiri OPD terkait Kabupaten Gorontalo dan Tim Pokja Stunting Kabupaten Gorontalo, Camat bersama Lurah/Kades yang menjadi lokus stunting.(Sulduk).

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.