Kakanwil Kemenag Gorontalo Lepas Keberangkatan JCH Terakhir Kloter 32 UPG

 Daerah

 

Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, Muflih B. Fattah, menyerahkan Bendera Merah Putih kepada petugas kloter pada prosesi pemberangkatan JCH Kloter 32 UPG di Asrama EHA Gorontalo, Kamis (15/6/2023). (Foto : Haris)

GORONTALO(Tilongkabilanews.id)_– Sebanyak 233 Jemaah Calon Haji (JCH) Provinsi Gorontalo Kelompok Terbang (Kloter) 32 Ujung Pandang (UPG) diberangkatkan ke Embarkasi Haji Makassar, Kamis (15/6/2023). JCH Kloter 32 UPG yang diberangkatkan itu terdiri dari jemaah asal Kabupaten Gorontalo sebanyak 122 orang, Boalemo 64 orang, Kota Gorontalo 43 orang, Bone Bolango empat orang, serta petugas kloter empat orang.

‘’Kloter 32 UPG yang diberangkatkan ini didominasi oleh jemaah perempuan sebanyak 155 orang dan laki-laki 82 orang,’’ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Muflih B. Fattah, saat melepas keberangkatkan  JCH Kloter 32 UPG di Embarkasi Haji Antara Gorontalo.

Kakanwil Kemenag Gorontalo itu menyebutkan jemaah tertua berusia 88 tahun atas nama Djarino Bakari asal Kabupaten Gorontalo dan termuda usia 24 tahun atas nama Ramdan Ismunandar Bakari asal Kabupaten Boalemo.

“Seluruh jemaah telah mengikuti manasik mulai dari tingkat kecamatan sebanyak delapan kali, kabupaten/kota dua kali, tentu sudah paham bagaimana alur perjalanan haji. Selaku Kakanwil Kemenag yang mewakili Pemerintah Provinsi Gorontalo, saya berharap perjalanan ibadah haji ini lancar, sukses, dan insya Allah meraih haji yang mabrur,” kata Muflih.

Muflih menjelaskan JCH Gorontalo  ini nantinya a akan bergabung dengan jemaah asal Provinsi Papua dan Sulawesi Selatan dalam Kloter 32 UPG. JCH Kloter 32 UPG berangkat dari Bandara Djalaludin dengan pesawat Lion Air pada pukul 19.10 WITA, selanjutnya bertolak dari Bandara Hasanuddin Makassar ke Jeddah, Arab Saudi, pada  16 Juni 2023 pukul 01.10 WITA menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Jemaah dijadwalkan tiba di Jeddah pukul 09.00 Waktu Arab Saudi.

Kloter 32 UPG merupakan kloter terakhir JCH Gorontalo untuk musim haji tahun ini. Secara keseluruhan jumlah jemaah Provinsi Gorontalo tahun 1444 Hijriah sebanyak 1.028 orang yang terbagi dalam tiga kloter, yaitu 26,29, dan 32.

Jemaah haji lansia Kloter 32 UPG mengikuti prosesi pemberangkatan di Asrama EHA Gorontalo, Kamis (15/6/2023). (Foto : Haris)

Jemaah Diingatkan Displin

Pada kesempatan itu, Muflih B. Fattah mengingatkan para jemaah calon haji untuk berdisiplin terhadap empat hal. Keempat hal tersebut yakni disiplin beribadah, makan, istirahat, serta disiplin menjaga keutuhan rombongan dan regu.

“Kalau tiba waktunya beribadah, pergilah ke Masjidil Haram karena kita tahu pahalanya 100 ribu kali perbandingannya dengan masjid-masjid yang lain. Begitu juga di Masjid Nabawi, saya mohon jangan hanya tinggal di hotel, tetapi upayakan hadir melaksanakan salat di masjid yang dimuliakan Allah Swt,” ujar Muflih

Terkait keutuhan jemaah, Muflih meminta kepada para ketua rombongan dan regu melaksanakan amanah tersebut dengan penuh tanggung jawab. Para ketua rombongan dan regu juga diminta untuk selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan petugas kloter, pembimbing ibadah, serta petugas kesehatan. (UCI).

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.