Kabgor Sudah Miliki Banyak Infrastruktur Sanitasi, Namun Pemanfaatannya Belum Optimal

 Daerah

 

Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Darwin Romy Sjahrain ketika membuka kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) Program Sanitation Infrastructure and Institutional Support (SIIP), di Ruang Madani, Kantor Bupati Gorontalo, Senin (09/09/2024

LIMBOTO(Tilongkabilanews.id)- Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Darwin Romy Sjahrain menegaskan Kabupaten Gorontalo (Kabgor) sudah memiliki  banyak infrastruktur sanitasi, namun pemanfaatannya belum optimal.

‘’Belum optimalnya pemanfaatan infrastutkur sanitiasi di Kabgor ini dikarenakan kurangnya kesadaran seluruh masyarakat terkait pemanfaatan infrastruktur tersebut. Karena itu,saya berharap kerja sama Pemerintah Pusat dengan Australia dalam hal peningkatan  akses infrastruktur sanitasi melalui program  Sanitation Infrastructure and Institutional Support (SIIP) akan dapat mengatasi persoalan  tersebut.’’ujar Darwin ketika membuka kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) Program Sanitation Infrastructure and Institutional Support (SIIP), di Ruang Madani, Kantor Bupati Gorontalo, Senin (09/09/2024).

Lanjut Darwin untuk itu, Pemkab Gorontalo mendukung upaya kerja sama antara pemerintah pusat dengan Australia dalam pelaksanaan program SIIP tersebut.

Alasannya beri dukungan itu, karena dengan adanya kerjasama  melalui  program SIIP diharapkan bisa memaksimalkan infrastruktur yang ada dan meningkatkan kesehatan rnasyarakat di Kabgor,

la juga menyampaikan bahwa Pemkab Gorontalo telah menyiapkan  lima pilar utama untuk pengelolaan air limbah domestik, termasuk regulasi, kelembagaan, dan kesiapan masyarakat.

Capaian sanitasi tahun 2023 menunjukkan  akses sanitasi  aman baru mencapai 1,97%, dengan praktik Buang Air Besar Sembarangan (BABS) masih di angka 16,40%. (Rg)

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts