Jaga Kelestarian Lingkungan Hidup,Bupati Gorontalo Ajak Masyarakat Tanam Pohon

 Daerah

 

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat menghadiri peringatan Hari Lingkungan Hidup dan Kelapa Sedunia (World Coconut Day) Tahun 2023 di Desa Tuladengi Kecamatan Telaga Biru, Minggu(4/6/2023).

LIMBOTO(Tilongkabilanews.id) –Pemerintah Kabupaten Gorontalo menaruh perhatian terkait pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup di daerah tersebut.  Adapun upaya yang dilakukan Pemkab Gorontalo dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup ini salah satunya melalui kegiatan penanam pohon dengan mengajak masyarakat di kabupaten tersebut. Gerakkan penanaman pohon itu sendiri dilakukan Pemkab Gorontalo  dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup dan Kelapa Sedunia (World Coconut Day) Tahun 2023).

 “Saya berharap masyarakat dapat menjaga lingkungan  di daerah kita ini tetap lestari. Upaya itu dapat kita lakukan dengan penanaman pohon,” ujar Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo pada Hari Lingkungan Hidup dan Kelapa Sedunia (World Coconut Day) Tahun 2023 di Desa Tuladengi Kecamatan Telaga Biru Minggu, (04/06/23).

Kata Nelson lebih lanjut, gerakan penanaman pohon itu, sebagai salah satu upaya Pemkab Gorontalo dalam merubah perilaku masyarakat untuk membudayakan dan melestarikan lingkungan hidup tetap asri.

Pada kegiatan tersebut, Bupati Gorontalo dua  priode ini tidak lupa untuk mengingatkan masyarakatnya, agar memperhatikan dalam pengelolaan sampah organik. Maksudnya, yang perlu diperhatikan masyarakat dalam menjaga  lingkungan hidup itu, tidak hanya melalui kegiatan penanaman pohon maupun kebersihan saja, melainkan juga pengelolaan sampah organik pun perlu dianggap penting.

‘’Pengelolaan sampah organik juga perlu mendapat perhatian serius dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan hidup. Pengeloaan sampah organik yang bisa dilakukan melalui cara  Masaro (Manajemen Sampah Zero) dan dilakukan pengelolaan sampah untuk dijadikan BBM. Hal ini seperti yang dilakukan oleh organisasi Kambungu Beresi,’’kata Nelson

Bahkan kegiatan seperti penanaman pohon ini , tambah Nelson adalah momentum  dalam menanam kelapa, karena pada September 2023 mendatang, Kabupaten Gorontalo sebagai tuan rumah pelaksanaan World Coconut Day atau Hari Kelapa Dunia tahun 2023.

“Rencananya akan digelar September di Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo. kelapa menjadi tanaman kehidupan bagi masyarakat, sehingga perlu digairahkan kembali,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu pun Bupati Gorontalo pun menyerahkan bantuan masyarakat berupa bibit pohon kelapa genjah, alat pengelolaan minyak kelapa kampung, pakan lele, bibit tanaman multi proses tree species (MPTS), bibit pohon kelengkeng.

“Kami berharap dengan adanya bantuan ini kiranya dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, serta menjadi modal ekonomi agar bisa bermanfaat bagi keluarga,” pungkasnya.(Rg).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.