Gamaria Paparkan TP PKK Provinsi Gorontalo Miliki Program Turunkan Tangkes secara Maksimal

 Daerah

Ketua Tim Penggerak PKK Gamaria Purnamawati Monoarfa (kanan) memaparkan program penurunan tengkes rapat koordinasi multisektor penanganan tengkes yang berlangsung di Grand Q Hotel, Rabu (5/4/2023). (Foto: Winda).

GORONTALO(Tilongkabilanews.id)-TP PKK Provinsi Gorontalo memiliki program dalam upaya memaksimalkan penurunan tangkes di provinsi tersebut. Program terkait penurunan tangkes secara maksimal yaitu dengan melakukan perbaikan infrastruktur di desa binaan, pemantauan status  gizi dengan antropomentri yang di sebar di beberapa kabupaten dan kecamatan, serta akan melakukan pelatihan pada kader-kader yang bertugas.

Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo, Gamaria Purnamawati Monoarfa dalam pemaparannya saat rapat koordinasi multisektor penanganan tengkes yang digelar Pemerintah Provinsi Gorontalo di Grand Q Hotel,  Kota Gorontalo, Rabu (5/4/2023).

“Kami akan melakukan pelatihan pada bidan-bidan, dokter spesialis anak yang akan menangani anak tengkes di RSUD, dokter puskesmas dan juga kader-kader desa. Mereka semua akan dilatih,” kata  Gamaria.

Tujuan digelarnya pelatihan tersebut ujar Gamaria, agar ketika kader-kader tersebut akan turun dalam penanganan tengkes di lapangan, mereka benar-benar siap. Sehingga, pengukuran angka tengkes berada di angka yang tepat.

Gamaria menilai stunting terjadi karena malnutrisi yang kronik. Sehingga orang tua diminta untuk memperhatikan asupan makanan yang diberikan kepada anak. Selain itu, edukasi-edukasi yang diberikan kepada masyarakat harus dilaksanakan secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

“Kami dari PKK sudah menginisiasi dan mencoba melakukan di Desa Ibarat dan Desa Hiyalo Oyile yang ada di Gorut. Memang masih belum sempurna yang kami lakukan. Tapi dengan pemberian one egg one day, kita kasih susu, kita kasih ayam, kita kasih zat besi, alhamdulillah ada 80 persen anak-anak mencapai berat badan normal,” imbuh isteri Penjabat Gubernur Gorontalo.

Sementara kegiatan  rapat koordinasi multisektor penanganan tengkes tersebut turut dihadiri Penjabat Sekda Syukri Botutihe, dan utusan OPD. (Uci).

 

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.