Fory : ICMI Kabgor di Tahun 2023 akan Bentuk Desa Madani dan Dijadikan Program Unggulan

 Daerah

 

Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Gorontalo, Fory Naway.

LIMBOTO(Tilongkabilanews.id)– Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Gorontalo (Kabgor) di tahun 2023 ini memiliki beberapa program yang bakal dilaksanakan. Program yang menjadi perhatian dilaksanakan di tahun 2023 , yaitu diantaranya pembentukan pilot project lima desa madani binaan ICMI, pengkaderan generasi muda ICMI, konsolidasi mitra organisasi Islam dan organisasi masyarakat serta pemberian reward kepada desa madani.

Ketua ICMI Kabgor, Fory Armin Naway mengemukakan, pembentukan desa madani ini merupakan salah satu program unggulan ICMI Kabupaten Gorontalo.

‘’Desa madani yang dibentuk itu, nantinya dibina oleh ICMI yang ditopang semua departemen. Misalnya, departemen kesehatan, pendidikan, sosial dan lain –lain,’’kata Fory

Isteri Bupati Gorontalo ini menerangkan, desa madani ini lahir sebagai program prioritas dengan indikator adalah seluruh masyarakat minimal terakomordir penataan kemanusiaanya, termasuk organisasi masyarakatnya, LSM, Karang Taruna,penataan spritual dan organisasi-organisasi terkait keagamaan.

“Kita bentuk desa madani menjadi model dan rujukan bagi orang -orang bahwa desa madani itu Islami benar. Di desa madani itu memperlihatkan bahwa ini Islam, sebagai agama yang benar,” imbuh profesor jebolan UNG itu menjelaskan.

Menurut Fory, orang cendekiaan itu pada umumnya memiliki pola pikir yang rasional dan mengedepankan kecerdasan emosionalnya.

Pada kesempatan itu, Fory Naway pun menyoroti terkait program penerapan SDGS atau kegiatan pembangunan berkelanjutan di semua desa tidak berjalan dengan tuntas dan saat ini masih mengambang.

ICMI Kabupaten Gorontalo menggelar rapat yang dihadiri para pengurus. Rapat yang diadakan di aula rumah dinas Bupati Gorontalo, Selasa (10/1/2023) itu dalam rangka membahas program ICMI di tahun 2023. Kegiatan rapat itu sendiri sebagai upaya penguatan organisasi dan kelembagaan ICMI Kabgor itu sendiri.

‘’Kita di ICMI dalam pembentukan desa madani ini, akan fokus terlebih dahulu kepada pendataan melalui kepala dusun dan kepala lingkunagan serapih mungkin di era digital seperti sekarang ini,’’imbuh Fory.

Fory menambahkan, program di tahun 2023 ini ICMI akan membuat terbososan yang memiliki nilai tambah dalam melakukan perubahan.Misalnya ada kegiatan sholat, majelis taklim dan kegiatan sosial dengan saling bahu membahu satu sama lain.

Program lainnya,kata Fory, ICMI Kabgor di tahun 2023 ini bakal melaksanakan dakwah dan orientasi kemaslahatan umat berbasis kearifan lokal.

Selain itu juga tambah Fory, terkait program peduli lingkungan, ICMI Kabgor akan melaksanakan penanaman sejuta pohon dan pemanfaatan lahan tidur.
Demikian juga bidang kesehatan, ICMI Kabgor akan fokus pada kemitraan pengendalian dan penanggulangan AIDS, TBC dan Malaria.

“Tidak hanya itu, saja ICMI Kabgor akan melakukan penyeluhan keluarga sadar hukum, sehingga masyarakat di Kabgor benar-benar patuh dan mengetahui hukum,’pungas Fory Naway. (Sulduk).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.