Diskomnfotik Kabgor Gelar Bimtek E-Data Sektoral sebagai Upaya Revolusi Data

 Daerah

 

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat membuka Bimtek E-Data Sektoral dirangkaikan dengan diseminasi data sektoral bidang sosial tahun 2023. Kegiatan Bimtek itu sendiri digelar selama dua hari, di Manado, Sulawesi Utara.

MANADO(Tilongkabilanews.id) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Gorontalo (Kabgor) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) E-Data Sektoral yang digelar selama dua hari, yaitu Rabu (25/10/2023) dan Kamis (26/10/2023) di Manado, Sulawesi Utara. Bimtek E-Data Sektoral yang dibuka resmi Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo itu diikuti para peserta antara lain para camat, kepala desa, para operator dan unsur terkait.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, basis data merupakan aspek penting dalam perumusan kebijakan dan sebagai ukuran pencapaian kinerja pembangunan.

“Data ini sangat dibutuhkan karena dalam setiap kita membangun, pengambilan kebijakan menjadi bahan evaluasi. Karena itu kita merasa perlu membuat sistem yang terpadu,’’ujar Nelson ketika membuka kegiatan Bimtek E-Data Sektoral, Rabu (25/10/2023).

 Selain itu, tambah Bupati Gorontalo dua priode itu perlu juga adanya sumber daya manusia siapkan mengerjakan penginputan atau mengolah data. Selanjutnya diperlu konsistensi pengelola data untuk membuat data yang diperlukan pimpinan dalam membuat kebijakan pemerintah.

Pada kesempatan itu Nelson menyampaikan rasa gembiranya, melalui Satu Data Indonesia, Satu Data Gorontalo bisa tercipta.
Apalagi kata Nelson momentumnya tepat, karena transisi pemerintahan kedepan termasuk akhir masa jabatan dirinya.

“Hal ini menjadi modal baik untuk saya dalam melakukan evaluasi akhir maupun juga untuk pemerintahan selanjutnya,” tutur Nelson. Ia berharap, pelatihan ini bisa sukses, diikuti dengan baik, hasilnya benar-benar ditindaklanjuti.

“Saya berharap baik OPD termasuk juga bagi desa untuk menunjang apa yang dilakukan kedepan,” ucap Nelson

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo,  Safwan Bano menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan Kabupaten Gorontalo itu melakukan revolusi data.

‘’Sementara saat ini, data yang ada masih bervariasi. Karena itu melalui kegiatan Bimtek ini kita bisa melakukan evaluasi data di tingkat Kabupaten Gorontalo,’’kata Safwan.

Lanjut Safwank kegiatan revolusi data yang dilakukan Dinas Komintik melalui Bimtek ini akan menjadi referensi disetiap perencanaan pembangunan yang bakal diseminasi untuk seluruh instansi.

“Target kita tahun ini melaksanakan bimtek khusus menyasar bidang sosial agar supaya desa sebagai produsen data paham benar bagaimana mendapatkan data yang akurat sehingga untuk kedepan bisa membiasakan ke bidang lainya, antara ekonomi, kesehatan, pendidikan dan infrastruktur,” pungkas Safwan. (Rg).

banner 468x60

Author: 

Related Posts