Darda : Kompetensi Pengelolaan dan Manajemen Aset Milik Pemda Sangat Penting

 Daerah

 

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba saat memberikan sambutan sekaligus membuka pelatihan pengelolaan aset bagi aparatur sipil negara di Aula Kampus II Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Provinsi Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Rabu (2/2/2022). Darda menekankan pentingnya kompetensi dalam pengelolaan dan manajemen aset atau barang milik daerah oleh setiap OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo. (Foto : Mila).

BONEBOL(Tilongkabilanews.id)– Kompetensi dalam pengelolaan dan manajemen aset atau barang milik daerah oleh setiap OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo sangat penting.

‘’Saya tekankan kepada para pejabat penatausahaan aset atau barang milik daerah di OPD masing – masing, lakukan pengelolaan aset daerah secara baik dan benar,’’ujar Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba saat membuka pelatihan pengelolaan aset bagi aparatur sipil negara di Aula Kampus II Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Provinsi Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Rabu (2/2/2022).

Pengelolaan aset jelas Darda merupakan salah satu unsur penting yang menjadi landasan dalam penyusunan laporan keuangan daerah, oleh karena itu pengelolaanya harus dilakukan dengan baik,tertib, dan sistematis.

Aset yang tidak dikelola dengan semestinya menurut Darda akan menjadi beban biaya karena sebagian dari aset membutuhkan biaya perawatan atau pemeliharaan dan juga turun harganya seiring dengan berjalannnya waktu.

‘’Untuk mencapai tujuan tersebu setiap OPD harus mempersiapkan setiap aparatnya melaksanakan tata kelola aset daerah sesuai dengan peraturan, efektif, efisien, transparan dan akuntabel,’’imbuh Sekdaprov Darda.

Menurut Darda yang paling utama disini adalah melaksanakan amanah Peraturan Pemerintah tentang pengelolaan aset. Kemudian ada permennya terkait dengan pedoman pengelolaannya, ada permennya lagi terkait dengan tata pelaksana penyusunan, muai dari perencanaan, perolehan, pengelolaan, sampai penghapusan dan ganti ruginya.

‘’Pengelolaan aset yang mutlak dilaksanakan oleh setiap OPD ini sangat berpengaruh pada penilaian/opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan pemerintah daerah,’’katanya

Terlebih dalam beberapa tahun ini, tambah Darda, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK namun dengan catatan pengelolaan barang milik daerah harus lebih ditingkatkan lagi.

Adapun mengenai kegiatan pelatihan pengelolan aset ini, tambah Darda begitu penting untuk diikuti dengan sungguh – sungguh oleh peserta yang merupakan pengurus barang pengguna atau pengurus barang pembantu sebagai ujung tombak dalam pengelolaan aset daerah.(zis).

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.