Cegah Surat Antigen Palsu,Pemeriksaan di Pintu Masuk Bandara dan Pelabuhan Diperketat

 Daerah

 

Gubernur Rusli Habibie didampingi istri yang juga anggota DPR RI Idah Syahidah dan Kapolda Gorontalo saat menjalani tes antigen di Bandara Jalaludin Gorontalo, usai tiba dari perjalanan luar daerah. (Dok. Kominfo).

GORONTALO(Tilongkabilanews.id)- Satuan Tugas(Satgas) Penanganan COVID-19 Provinsi Gorontalo akan mulai memperketat protokol kesehatan di pintu-pintu masuk kedatangan, baik di Bandar Udara maupun Pelabuhan. Kebijakan itu ditempuh terkait sindikat surat hasil tes antigen maupun PCR palsu di beberapa Bandara di Indonesia yang akhir-akhir ini terjadi.

Kepala BPBD Provinsi Gorontalo Rusli Nusi mengatakan diberlakukannya kebijakan itu berdasarkan himbauan  Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie yang juga ketua Satgas Penanganan COVID-19 Gorontalo.

‘’Petugas verifikator akan melakukan verifikasi surat tes COVID-19, baik PCR dan tes antigen tiba di bandara dan pelabuhan ini secara ketat. Karena kita menemukan penumpang dengan antigen negatif dari daerah asal, tiba di Bandara Jalaludin untuk di antigen kembai hasilnya positif,” ucap Rusli Nusi, kemarin.

Nusi mengatakan lebih lanjut, pemeriksaan kembali tes antigen untuk tiap-tiap penumpang dari luar daerah memang telah menjadi kebijakan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, sejak covid-19 ditemukan di Gorontalo. Setiap penumpang yang tiba di Gorontalo dari luar daerah, meski membawa hasil tes antigen atau PCR masih akan di tes kembali oleh petugas di bandara.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Suleman menambahkan, kebijakan tersebut membuahkan hasil.

Tentunya Provinsi Gorontalo bisa sejak dini mendeteksi para penumpang yang tertular covid-19 atau tidak.

“Jadi sejujurnya di Gorontalo, kebijakan pemeriksaan ini sudah jauh dilakukan oleh pak gubernur. Kebijakan itu memang membuahkan hasil. Contoh kasus, kami berhasil mendeteksi Omicron pertama beberapa waktu lalu di Gorontalo dan yang kedua terdeteksi PCR diketahui hasilnya positif, bagi pelaku perjalanan yang negatif dari daerah asal, tapi positif pas tiba di bandara,” kata Yana

Untuk mencegah semua itu tentu banyak hal yang ditegaskan gubernur. Salah satunya cara yang digunakan ketika menemukan tes antigen positif di Bandara Jalaludin tapi negatif dari daerah asal,  maka hasil pemeriksaan dari daerah tersebut akan ditelusuri.(zis).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.