Ade Khali Terpilih Jadi Ketua Lembaga Adat Provinsi Gorontalo

 Daerah

 

Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama pengurus adat menggelar Dulohupa Lo Ulipu (musyawarah Adat Gorontalo), dalam rangka pembentukan lembaga adat Provinsi Gorontalo Periode 2023-208, Selasa malam, (14/3/2023). Foto – Fikri

GORONTALO(Tilongkabilanews.id)–Ketua dan pengurus lembaga adat kabupaten/ kota se-Provinsi Gorontalo sepakat memilih Ade Khali sebagai Ketua Lembaga Adat Provinsi Gorontalo  Periode 2023-208. Terpilihnya Ade Khali sebagai Ketua Lembaga Adat Provinsi Gorontalo itu setelah dilakukannya musyawarah adat atau dulohupa lo ulipu yang digelar pemerintah bersama lembaga dan pemangku adat, Selasa malam (14/3/2023).

Musyawarah itu sendiri dalam rangka pembentukan  adat. Pembentukan itu merupakan amanah Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2016 tentang Lembaga Adat Provinsi Gorontalo. Ade Khali yang juga mantan Anggota DPD RI mengatakan terpilihnya sebagai Ketua Lembaga Adat Provinsi Gorontalo, diluar dugaan dirinya.

‘’Saya  mengucapkan terimakasih kepada pak  Penjabat Gubernur  Gorontalo yang memberikan perhatian untuk kelestarian adat istiadat Gorontalo. Terlebih Gorontalo menjadi salah satu daerah adat di Indonesia dengan falsafah adat bersendi sara sara bersendi kitabullah,’’ujar Ade Khali.

Dia mengungkapkan, dirinya tidak ingin kepercayaan ini berakhir dengan sia-sia. Karena itu kedepan dia berharap dukungan dari semua pihak.

Sementara itu Sekdaprov Gorontalo Syukri Botutihe yang juga selaku ketua tim pembetukan lembaga adat Provinsi Gorontalo menyampaikan, pembentukan lembaga adat ini merupakan amanah Perda Nomor 2 Tahun 2016.

Pembentukan lembaga adat juga sudah melalui beberapa kali pembahasan dengan para pemangku adat dan ketua lembaga adat se-Kabupaten Kota.

Selain diketuai Ade Khali, lembaga adat menunjuk Syukri Botutihe sebagai wakil ketua dan sekretaris Karim Laiya. Wakil sekretaris dijabat Yaser Arafat Dama dan bendahara Hamida Hasan. (Uci).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.